Minggu, 28 April 2013

Otomasi Pengisian Botol



BAB I
PENDAHULUAN

A.   LATAR BELAKANG
Peran teknologi dewasa ini dalam dunia industri telah berkembang dengan pesat. Otomasi merupakan salah satu realisasi dari perkembangan teknologi, dan merupakan satu – satunya alternatif yang tidak dapat dielakan lagi untuk memperoleh sistem kerja yang sederhana, praktis, dan efisien sehingga memperoleh hasil yang tinggi dan dengan waktu yang lebih singkat jika dibandingkan dengan pekerjaan secara manual. Selain itu, biaya pengoprasiannya jugqa dqapat ditekan seminim mungkin karena membutuhkan tenaga manusia yang lebih sedikit.
Pekerjaan mengisi botol dengan air merupakan masalah tersendiri bagi suatu perusahaan. Untuk itu dibutuhkan suatu alat bantu untuk menyelesaikan pekerjaan tersebut dengan cepat dan hasil yang baik. Mesin Pengisian Botol otomatis dengan menggunakan PLC merupakan solusi tepat untuk mengatasi masalah ini, dimana seluruh pekerjaan yang seharusnya menggunakan tenaga manusia dapat digantikan dengan mesin yang dikendalikan secara otomatis dengan begitu pekerjaan dapat selesai dalam waktu yang relatif singkat.
Berdasarkan pertimbangan – pertimbangan diatas, untuk menunjang proses otomatisasi agar sistem kerja yang efisien dapat tercapai dibutuhkan sistem kontrol. Programable Logic Control (PLC) merupakan salah satu kontroler yang umum digunakan. Pada dasarnya didalam PLC terdapat beberapa peralatan yang berfungsi sebagai relay, coil, latching coil, timer, counter, perubahan analog ke digital, perubahan digital ke analog dan lainn sebagainya yang dapat digunakan untuk mengendalikanperalatan dengan bantuan program yang kita rancang sesuai dengan kehendak kita. PLC dapat digunakan untuk mengatur peralatan dengan pengendaliperangkat lunak. PLC menerima masukan dan menghasilkan keluaran sinyal – sinyal listrik untukmengendalikan beban – bebai sehingga menghaasilkan suatu proses pengaturan mesin pengisian botol air secara otomatis. Karakter proses yang dikendalikan oleh PLC sendiri merupakan proses yang sifatnya bertahap, yakni proses itu berjalan urut untuk mencapai kondisi akhir yang diharapkan.
Dalam hal ini, dengan menggunakan PLC, kegiatan pengaturan beban – beban tersebut dapat dilakukan dengan mudah dan cepat. Selain itu, PLC juga dapat diprogram ulangapabila diinginkan suatu perubahan dalam proses, sehingga lebih praktis karena kita tidak perlu membongkar ulang sistem yang telah ada, khususnya dalam wiring,melainkan hanya mengubah programnya saja.

B.   TUJUAN DAN MANFAAT PENULISAN
Adapun tujuan dari penulisan tugas ini adalah:
  1. Untuk mengetahui cara kerja PLC
  2. Untuk membuat suatu simulasi pengaturan mesin pengisian botol air dengan menggunakan PLC.
  3. Mengetahui cara kerja PLC dalam rangka mengontrol suatu proses yang diinginkan sehingga dapat diperoleh efisiensi dan efektifitas dibandingkan dengan penggunaan alat kontrol berupa relay.
  4. Memenuhi salah satu syarat dalam menyelesaikan tugas kelas XII Mekatronika selester gasal SMK N 1 TEMBARAK.

Manfaat penulisan tugas ini adalah:
BAGI PENULIS
  1. Mendapatkan pengertian dan penjelasan mengenai pengaturan mesin pengisian botol air secara otomatis
  2. Mendapat penjelasan mengenai cara kerja PLC dalam rangka mengontrol suatu prosesyang diinginkan sehingga dapat memperoleh efisiensi dan efektifitas dibandingkan dengan penggunaan alat kontrol berupa relay.

BAGI PEMBACA.
  1. Diharapkan semoga tugas ini dapat menjadi sumber dalam memperkaya pengetahuan.
  2. Dapat memberdayakan penggunaan PLC sebagai salah satu alat pembelajaran bagi siswa SMK Negeri 1 Tembarak.

C.   RUMUSAN MASALAH
  1. Serti apa pengertian dasar PLC?
  2. Apakah ang dimaksud mesin pengisian botol air otomatis?
  3. Bagaimana flowchart sistem kerja, gambar diagram ledder PLC, program meneumanic, serta gambar simulasi mesin pengisian botol otomatis?

D.   BATASAN MASALAH
Untuk menghindari pembahasan yang meluas, maka penulis membatasipembahasan tugas ini dingan hal – hal sebagai berikut :
  1. Tidak membahas karakteristik mesin pengisian botol otomatis secara mendalam.
  2. Hannya membahas flowchart sistem kerja, gambar diagram ladder PLC, code mnemonic, serta gambar simulasi pada mesin pengisian botol otomatis.
  3. PLC yang digunakan adalah PLC dengan merk Omron CP1E.
4.      Software yang digunakan untuk menuliskan program rancangan pada PLC adalah CX-ONE versi 9.0.
5.      Software yang digunakan untuk membuat diagram flowchart dan gambar simulasi mesin pengisian botol otomatis adalah Microsoft Office Visio.


E.   METODE PENULISAN
Untuk dapat menyelesaikan tugas ini maka penulis menerapkan beberapa metode studi diantaranya :
1.      Studi literatur
Yaitu dengan membaca teori – teori yang berkaitan dengan topik tugas ini dari buku – buku referensi baik yang dimiliki oleh penulis atau di perpustakaan dan juga dari artike – artikel, jurnal, internet, dan lain – lain.
2.      Pengaplikasian PLC secara langsung
Yaitu membuat program PLC untuk simulasi mesin pengisian botol air secara otomatis.
3.      Studi bimbingan
Yaitu dengan melakukan diskusi tentang topik tugas ini dengan guru pembimbing yang telah ditunjuk oleh Departemen Pendidikan SMK N 1 TEMBARAK dalam hal ini yaitu Bapak Lukman S.Pd.
4.      Diskusi dan tanya jawab
Yaitu dengan mengadakan diskusi dan tanya jawab dengan guru – guru di lingkungan SMK N 1 TEMBARAK, dan rekan – rekan satu kelompok serta siswa yang memahami masalah yang berhubungan dengan tugas ini.

F.    SISTEM PENULISAN
Untuk memudahkan pemahaman terhadap tugas ini maka penulis menyusun sistematika penulisan sebagai berikut :
BAB I             : PENDAHULUAN
Bab ini merupakan pendahuluan yang berisikan tentang latar belakang masalah, tujuan penulisan, rumusan masalah, batasan masalah, manfaat penulisan, dan sistematika penulisan.
BAB II               : PENGENALAN PLC DAN MESIN PENGISIAN BOTOL AIR OTOMATIS
Bab ini menjelaskan tentang pengenalan Programmable Logic Control ( PLC ) secara umum, komponen – komponen utama  penyusun PLC, serta pengenalan Mesin Pengisian Botol Air Otomatis.
BAB III            : FLOWCHART, DIAGRAM LADDER, CODE MNEMONIC, SERTA GAMBAR SIMULASI MESIN PENGISIAN AIR OTOMATIS
Bab ini menjelaskan tentang aplikasi pengontrolan yang dilakukan dengan PLC Omron CP1E serta software CX-ONE versi 9.0 dan Microsoft Office Visio berikut dengan hasil rancangan flowchart, diagram ladder, code mnemonic, serta gambar simulasi mesin pengisian air.
BAB IV          : PENUTUP
Bab ini berisi tentang kesimpulan dan saran dari penulisan tugas ini.



lebih lengkapnya anda bisa download disini:
Otomasi Pengisian Botol (cover).pdf
Otomasi Pengisian Botol.pdf

0 komentar:

Posting Komentar

Blogger news